Bahasa Indonesia

– Buku –

  • Pembuat Arloji yang Buta

    Pembuat Arloji yang Buta

    Richard Dawkins

    Pembuat Arloji yang Buta merupakan referensi utama untuk memahami evolusi saat ini. Pada abad ke-18, teolog William Paley mengembangkan suatu metafora terkenal untuk kreasionisme: metafora pembuat arloji yang terampil. Dalam Pembuat Arloji yang Buta, Richard Dawkins membentuk bantahan anggun yang menunjukkan bahwa proses kompleks seleksi alam Darwininian bersifat tidak sadar dan otomatis. Jika seleksi alam dapat dikatakan memainkan peran sebagai pembuat arloji di alam, seleksi itu buta—yakni, bekerja tanpa pengetahuan atau tujuan yang mendahului proses kerjanya.

    Unduh versi

  • Pertunjukan Terhebat Di Muka Bumi

    Pertunjukan Terhebat Di Muka Bumi

    Richard Dawkins

    “Rancangan Cerdas” (Intelligent Design) kini diajarkan di sekolah-sekolah; para pendidik diminta untuk “mengajarkan kontroversi” di balik teori evolusi. Tidak ada kontroversi. Dawkins menyingkap berbagai lapisan bukti ilmiah — dari contoh seleksi alam yang hidup hingga petunjuk dalam catatan fosil; dari jam alam yang menandai kurun waktu di sepanjang garis evolusi hingga detail-detail terkecil dalam perkembangan embrio; dari tektonika lempeng hingga genetika molekuler — untuk berargumen secara tak terbantahkan bahwa “kita bertengger di satu ranting kecil di tengah-tengah pohon kehidupan yang berkembang mekar, dan itu bukan kebetulan, tetapi konsekuensi langsung dari evolusi oleh seleksi alam nonacak.”
    Diterjemahkan oleh Wahyu Ginting.
    Diedit oleh Jeffrey W. Jacobson dan Lisa Taruk Allo.

    Unduh versi

  • Delusi akan Tuhan

    Delusi akan Tuhan

    Richard Dawkins

    Dengan teliti dan jenaka, Dawkins menyelidiki Tuhan dalam segala bentuknya, dari tiran yang terobsesi seks di Perjanjian Lama hingga Pembuat Arloji Ilahi, suatu versi lebih ramah (tetapi tetap tidak logis) yang disukai oleh beberapa pemikir Pencerahan. Dia membantai argumen-argumen utama untuk agama dan mendemonstrasikan ketidakmungkinan besar akan adanya suatu entitas tertinggi. Dia menunjukkan bagaimana agama mengobarkan perang, menghasut kebencian, dan menyiksa anak-anak, dan poin-poinnya ditopang dengan bukti historis maupun terkini. Delusi akan Tuhan berargumen secara meyakinkan bahwa kepercayaan akan Tuhan tidak hanya keliru tetapi mungkin juga fatal. Buku ini juga menawarkan wawasan menyegarkan mengenai manfaat ateisme bagi individu dan masyarakat, di antara lain suatu apresiasi yang lebih jernih dan benar mengenai keindahan mengagumkan alam semesta daripada yang dapat ditawarkan oleh agama apa pun.

    Unduh versi

  • Sungai dari Eden

    Sungai dari Eden

    Richard Dawkins

    Bagaimana bom replikasi yang kita sebut “kehidupan” bermula, dan di mana tujuannya di dunia, atau lebih tepatnya, di alam semesta? Menulis dengan gaya bahasa lucu yang khas dan kemampuan menjelaskan fenomena rumit (New York Times mendeskripsikan gaya bahasanya sebagai “jenis penulisan ilmu pengetahuan yang membuat pembaca merasa seperti genius”), Richard Dawkins menghadapi misteri kuno ini.
    Translated by Jeffrey W. Jacobson and Lisa Taruk Allo
    Diterjemahkan oleh Jeffrey W. Jacobson dan Lisa Taruk Allo.

    Unduh versi